Selasa, 04 April 2017

Etika Bisnis



   NAMA KELOMPOK                            NPM

PUTRI ANGGRAHENI MAULIDIN       18214580
RIA MUTIARA DEWI                               19214214
RIFFA SAFRIHAN AMAR                        19214347
RIYAN BRAMANTYO                              19214558
WAHYU IRAWAN                                      1C214136
YUNIKA DEWIWULAN SARI                 1C214588
 


Etika Kepailitan : Jetsgo Corporation



   1. Bagi banyak organisasi, proteksi kebangkrutan hanyalah strategi operasional dan keuangan lainnya. Diskusikan aspek-aspek etis perilaku sengaja diam, emngumpulkan uang, dan kemudian tiba-tiba mengumumkan bahwa peusahaan telah bangkrut?
Jawab : Aksi Leblanc dalam perilaku sengaja diam, mengumpulkan uang, dan kemudian tiba-tiba mengumumkan bahwa peusahaannya telah bangkrut sangat tidak etis dan dapat dikatakan melanggar kode etik Moral dan Hukum. Jika dilihat dari segi kode etik moral Leblanc telah berbohong dan membiarkan penumpang tetap membeli tiket dan membiarkan ribuan penumpang tidak bisa pergi untuk liburan Musim Semi mereka. Jika dilihat dari segi kode etik Hukum Leblanc telah melakukan tindakan penipuan terhadap karyawan dan konsumen serta telah melanggar hak-hak konsumen.

   2.   Apakah anda menerima bahwa sedia ‘kebohongan untuk kebaikan’ yang diberikan kepada pilot itu dibenarkan?
Jawab : Aksi Leblanc dalam ‘kebohongan untuk kebaikan’ yang diberikan untuk pilot sangat tidak dibenarkan, karena pilot telah dirugikan dalam hal ini. Pilot tidak mengetahui bahwa perusahaan Jetsgo telah bangkrut sementara Pilot tetap bekerja seperti biasa dengan menerbangkan pesawat Fokker milik Jetsgo ke Quebec City. Leblanc menjalankan rencananya sendiri dalam hal menyelamatkan setengah harta dari Jetsgo tanpa merundingkan kepada Pilot serta Karyawan Jetsgo.

   3.   Apakah bijak bagi operasional Jetsgo yang tidak menonaktifkan sistem pemesanan tiket secara online hingga perusahaan secara resmi mengumumkan kebangkrutannya. Apakah tindakan itu secara etis merupakan keputusan yang benar atau salah?
Jawab : Menurut kami keputusan yang diambil oleh perusahaan tersebut sangat salah karena dengan tidak menonaktifkan sistem pemesanan tiket secara online dapat berdampak buruk terhadap penumpang yang telah terlanjur membeli tiket dan mengetahui bahwa pesawat mereka tidak dapat beroperasional sehingga banyak penumpang terjebak di Amerika Utara tidak dapat melakukan perjalanan Musim Semi mereka dan mengakibatkan kerusuhan di Bandara dan membuat 2000 orang di Bandara memukuli karyawan-karyawan Jetsgo karena tiba-tiba mengumumkan kebangkrutannya.

   4.    Haruskah Leblanc menunggu sampai masa liburan Musim Semi mereka berakhir baru kemudian menutup operasional perusahaannya?
Jawab : Menurut kelompok kami menunggu sampai masa liburan Musim Semi berakhir itu tidak terlalu bermasalah atau tidak yang penting perusahaan mempublikasikan kebangkrutannya dan menonaktifkan sistem pemesanan tiket secara online sehingga konsumen tidak dirugikan.

0 komentar:

Posting Komentar