NAMA KELOMPOK NPM
PUTRI ANGGRAHENI MAULIDIN 18214580
RIA MUTIARA DEWI 19214214
RIFFA SAFRIHAN AMAR 19214347
RIYAN BRAMANTYO 19214558
WAHYU IRAWAN 1C214136
YUNIKA DEWIWULAN SARI 1C214588
Etika Kepailitan : Jetsgo Corporation
1. Bagi
banyak organisasi, proteksi kebangkrutan hanyalah strategi operasional dan
keuangan lainnya. Diskusikan aspek-aspek etis perilaku sengaja diam,
emngumpulkan uang, dan kemudian tiba-tiba mengumumkan bahwa peusahaan telah
bangkrut?
Jawab : Aksi Leblanc dalam perilaku sengaja
diam, mengumpulkan uang, dan kemudian tiba-tiba mengumumkan bahwa peusahaannya
telah bangkrut sangat tidak etis dan dapat dikatakan melanggar kode etik Moral
dan Hukum. Jika dilihat dari segi kode etik moral Leblanc telah berbohong dan
membiarkan penumpang tetap membeli tiket dan membiarkan ribuan penumpang tidak
bisa pergi untuk liburan Musim Semi mereka. Jika dilihat dari segi kode etik
Hukum Leblanc telah melakukan tindakan penipuan terhadap karyawan dan konsumen
serta telah melanggar hak-hak konsumen.
2.
Apakah
anda menerima bahwa sedia ‘kebohongan untuk kebaikan’ yang diberikan kepada
pilot itu dibenarkan?
Jawab : Aksi Leblanc dalam ‘kebohongan untuk
kebaikan’ yang diberikan untuk pilot sangat tidak dibenarkan, karena pilot
telah dirugikan dalam hal ini. Pilot tidak mengetahui bahwa perusahaan Jetsgo
telah bangkrut sementara Pilot tetap bekerja seperti biasa dengan menerbangkan
pesawat Fokker milik Jetsgo ke Quebec City. Leblanc menjalankan rencananya
sendiri dalam hal menyelamatkan setengah harta dari Jetsgo tanpa merundingkan
kepada Pilot serta Karyawan Jetsgo.
3.
Apakah
bijak bagi operasional Jetsgo yang tidak menonaktifkan sistem pemesanan tiket
secara online hingga perusahaan secara resmi mengumumkan kebangkrutannya. Apakah
tindakan itu secara etis merupakan keputusan yang benar atau salah?
Jawab : Menurut kami keputusan yang diambil
oleh perusahaan tersebut sangat salah karena dengan tidak menonaktifkan sistem
pemesanan tiket secara online dapat berdampak buruk terhadap penumpang yang
telah terlanjur membeli tiket dan mengetahui bahwa pesawat mereka tidak dapat
beroperasional sehingga banyak penumpang terjebak di Amerika Utara tidak dapat
melakukan perjalanan Musim Semi mereka dan mengakibatkan kerusuhan di Bandara
dan membuat 2000 orang di Bandara memukuli karyawan-karyawan Jetsgo karena
tiba-tiba mengumumkan kebangkrutannya.
4. Haruskah
Leblanc menunggu sampai masa liburan Musim Semi mereka berakhir baru kemudian
menutup operasional perusahaannya?
Jawab : Menurut kelompok kami menunggu sampai
masa liburan Musim Semi berakhir itu tidak terlalu bermasalah atau tidak yang
penting perusahaan mempublikasikan kebangkrutannya dan menonaktifkan sistem
pemesanan tiket secara online sehingga konsumen tidak dirugikan.
0 komentar:
Posting Komentar